Jumat, 11 Januari 2013

Cosplay ?

         Udah pada tau donk apa itu cosplay, hm.. ok buat yg belum tau G kasih tau ni :D hehe, kali ini bakal ngebahas tentang cosplay ni brayy,,, sblm kita bahas jauh, ad bagusnya klo gw kasih info dikit nih...








            di Jepang peragaan "cosplay" pertama kali dilangsungkan tahun 1978 di Ashinoko, Prefektur Kanagawa dalam bentuk pesta topeng konvensi fiksi ilmiah Nihon SF aikai ke-17.

Cosplay (コスプレ Kosupure?) adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesoris dan rias wajah (make up) seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, game, penyanyi, musisi idola, dan film kartun. 


sedangkan pelaku cosplay disebut "Cosplayer", Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai layer.

 Di Jepang, peserta cosplay bisa dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar (dōjin circle), seperti Comic Market, atau menghadiri konser dari grup musik yang bergenre visual kei. Penggemar cosplay termasuk cosplayer maupun bukan cosplayer sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, yaitu Amerika, RRC, Eropa, Filipina, dan tentunya negara kita tercinta brayyy... Indonesia ^_^

berikut poto beberapa act.cosplayer luar.... cekidottttt


                  
                                     


         


Tuhhhhh.... keren-keren bgt brayyyy,,,, hahahaha !!!
Eits.... gk cuma d luar yg bisa gaya n nge cosplay... dalam negeri juga ad kok event2 cosplay, hemm gk percaya?





 Manteppp kan brayyy temen-temen kita yg ikut cosplay.... ^_^

     masih ngomong soal cosplay di indonesia... sangat jarang ditemukan Cosplayer yang mengenakan pakaian dari komik luar asia (dunia barat)/marvel), beberapa menggunakan tipe eropa tetapi dikarenakan di ambil dari manga/manwa bukan dari komik luar asia. jadi itu alasan anak dalam negeri jarang nge cosplay character dari dunia arah barat.

                        Pada awalnya cosplay tidak begitu banyak di kenal di Indonesia. Pada awal 2000-an, beberapa event seperti Gelar Jepang UI mengadakan Event Cosplay. Tetapi saat itu belum ada yang berminat, cosplay pertama saat itu hanyalah EO dari acara Gelar Jepang tersebut.Beranjak dari Event Jepang, beberapa pemuda-pemudi (kebanyakan pemudi) di Bandung memperkenalkan gaya Harajuku dan hadirnya cosplayer pertama yang bukan merupakan EO saat itu. Berlanjut hingga sekarang, hampir tiap bulannya selalu ada event cosplay di Jakarta, dan di kota-kota besar di Indonesia.

Beberapa event yang sering hadir adalah:

-Gelar Jepang. Biasanya ada di Universitas. Umumnya di Universitas Indonesia.
-Bunkasai. Biasanya ada di Universitas.
-Animonster event. Beberapa event yang disponsori oleh animonster termasuk event cosplay di dalamnya.
-Extravaganza, Cosplayer berdialog kocak, cosplay kartun Nickelodeon dan anime Jepang dijadikan satu dalam Extravaganza di bagian cerita yang berjudul "Sasuke", Putri Salju muncul dibagian selanjutnya.

sekian deh info dari G tentang dunia cosplay... klo ad yg salah kasih saran, klo bener ya bagus ^_^
buat yg suka cosplay... Ganbatteeeeee :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar